Publikasi Jurnal QUALITY

Pendahuluan

  • Publikasi ilmiah pada dasarnya adalah suatu sistem publikasi yang dilakukan dan dikelola berdasarkan peer review dalam rangka mencapai tingkat objektivitas setinggi mungkin. Sebagian besar karya akademis diterbitkan dalam bentuk jurnal ilmiah. Pada umumnya, sebagian besar organisasi akademik yang telah mapan memiliki jurnal dan bentuk publikasi tersendiri, meskipun banyak pula terdapat jurnal akademik yang bersifat interdisipliner (antar cabang) dan mempublikasikan karya dari beberapa bidang yang berbeda yang dapat diterima sebagai kontribusi terhadap bidang ilmu pengetahuan.
  • Publikasi ilmiah saat ini sedang mengalami perubahan yang besar, yang muncul akibat transisi dari format penerbitan cetak (hard copy) ke arah format elektronik (soft copy). Antara format cetak dengan format elektronik memiliki model bisnis yang berbeda. Trend umum yang berjalan sekarang, akses terhadap jurnal ilmiah secara elektronik disediakan secara terbuka. Hal ini berarti semakin banyak publikasi ilmiah yang dapat diakses secara gratis melalui internet, baik yang disediakan oleh pihak penerbit jurnal, maupun yang disediakan oleh para penulis artikel jurnal itu sendiri.
  • Jurnal QUALITY adalah sebuah media publikasi ilmiah berkala yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPDM (B). Publikasi ini merupakan sarana bagi kalangan akademisi, utamanya dosen, untuk menyampaikan hasil olah pikir kepada komunitasnya. Terbit tiga kali dalam setahun atau Caturwulanan, yaitu pada bulan-bulan Januari, Mei, dan September. Quality merupakan satu-satunya jurnal yang diterbitkan oleh FEB.
  • Diseminasi hasil penelitian ilmiah pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dari kegiatan penelitian secara keseluruhan. Diseminasi dapat digunakan sebagai indikator kualitas penelitian melalui publikasi pada berkala ilmiah. Di lingkungan masyarakat ilmiah, kegiatan diseminasi publikasi ilmiah melalui penelaahan mitra bestari perlu diberi dorongan sehingga dapat meningkatkan gairah dosen untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di berkala ilmiah yang bermutu dan dikelola oleh lingkungannya

Maksud dan Tujuan

Sejalan dengan perkembangan dunia akademik saat ini, maka maksud dan tujuan dari penerbitan jurnal QUALITY  adalah menyediakan ruang bagi berbagai fungsi akademik sebagai berikut:

  1. Menjadi Referensi Ilmiah. Setiap naskah yang dipublikasikan melalui Jurnal QUALITY  otomatis memiliki bobot sebagai referensi ilmiah. Ini berbeda dengan naskah-naskah yang diterbitkan melalui media massa yang kebanyakan identik dengan opini atau ulasan populer yang tidak diperkuat dengan analisa dan data. Karya yang dibuat untuk dimuat di Jurnal Ilmiah lebih diakui memiliki kualitas lebih dibanding naskah-naskah lainnya;
  2. Menambah Nilai/Cum, sebagai salah satu persyaratan untuk kenaikan tingkat/pangkat/golongan dan atau untuk nilai/cum bagi kandidat Profesor (Guru Besar) selain dari Buku ber ISBN; Artikel Publikasi Media Massa, Sertifikat dan lainnya;
  3. Memiliki Hak Cipta bagi Karya Ilmiah. Bahwa naskah yang dipublikasikan di Jurnal QUALITY akan mendapatkan pengakuan akan HAKI/Hak Cipta Naskah yang ditetapkan penerbit Jurnal berdasarkan ketentuan dan Peraturan Per-UU-an yang berlaku; dan 
  4. Archival record. Menjaga catatan ilmu pengetahuan. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan sebuah sistem penyimpanan permanen untuk karya yang dipublikasikan sehingga mereka dapat diakses setiap saat di masa depan.

Sirkulasi

Jurnal QUALITY terbit 3 kali dalam satu tahun (Caturwulanan), Januari, Mei, dan September. Setiap publikasi memuat 7 tulisan, dengan prioritas mengakomodasi tulisan yang berasal dari kalangan FEB-UPDM (B). Namun apabila masih ada ruang penulisan yang tidak termanfaatkan oleh kalangan internal, penulis dari luar diberi kesempatan untuk menyumbangkan tulisannya pada jurnal ini. Tulisan yang masuk ke meja Redaksi, selanjutnya akan diteruskan kepada Reviewer untuk dinilai kelayakan ilmiahnya sebelum diserahkan kepada Editor, guna pemeriksaan tata tertib penulisannya.