
PENDAHULUAN
Era baru digitalisasi telah dimulai dunia semenjak revolusi 4.0 dicetuskan, dampak dari era revolusi yang hendak menganti dan memaksimalkan peran mesin otomatisasi dengan mengunakan digitalisasi yang sarat dengan peran Ai (Artificial Intelegent) menjadi peluang sekaligus ancaman bagi industri dan umat manusia. Beberapa industri manual yang hanya memanfaatkan tenaga manusia telah banyak tergantikan dengan otomatisasi, pasar yang digunakan sebagai media bisnis dalam interaksi umat manusia perlahan tergantikan dengan dunia virtual dimana publik ramai-ramai mengunakan situs e-commerce dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari ataupun sebagai penunjang pekerjaan mereka, fenomena tersebut terlihat dengan sepinya mall yang ditinggalkan konsumennya karena beralih ke lapak dunia maya atau pasar virtual (e-commerce). Perguruan tinggi sebagai mesin produksi manusia yang sarat dengan keilmuwan dan kompetensi dengan berbagai pengalaman pun ikut terkena pengaruh dari revolusi 4.0.
Pilihan
yang ada saat ini adalah menyesuaikan dengan keadaan dan beradaptasi pola
budaya, kebiasaan atau orientasi terhadap kehidupan digitalisasi kemudian
diharapkan mampu ikut bertahan dan akhirnya menjadi pemain atau sekaligus
sebagai pemenang. Atau kita dihadapkan dengan ketertinggalan karena tidak mau
dan tidak berkemampuan untuk besaing dengan para generasi yang saat ini sangat
masiv akan orientasi mereka menggunakan teknologi berbasis digital dan akhirnya
tertinggal dan tergilas oleh perkembangan industri berbasis digitalisasi.
Dibutuhkan keberanian, kemauan serta kemampuan yang mendukung setiap personal
untuk menentukan dimana peluang mereka dapat bertahan dalam kehidupan yang
sangat cepat berubah (dinamis) namun sangat kuat diwarnai dengan persaingan.
Perguruan tinggi sebagai mesin yang memproduksi manusia yang berilmu,
berwawasan luas, terampil, dan beretika berkewajiban untuk mendukung dan
membantu terciptanya masyarakat yang cerdas seperti dalam amanah UUD 1945 untuk
mencerdaskan kehidupan bangsa. Pekan Pengabdian Kepada Masyarakat yang
diselenggarakan oleh TIM PKM FEB UPDM (B) dengan Tema “Sukses Berkompetisi Bisnis
di Era Digital” perlu untuk
dilakukan.
MAKSUD DAN TUJUAN
Kegiatan ini dilakukan dengan maksud untuk memberikan edukasi berupa wawasan kepada masyarakat dan memberikan pengetahuan terhadap munculnya peluang ide-ide dalam berbisnis pada era digital, menghindari modus kejahatan trading di era digital dan sekaligus melakukan edukasi terhadap tindak kesadaran pajak masyarakat yang saat ini sudah mengunakan digitalisasi perpajakan. Sehingga tujuan dari kegiatan ini mampu menghasilkan ouput yang positif dimasa mendatang terhadap mahasiswa, masyarakat, dan akademisi dalam menghadapi perkembangan Era Digitalisasi yang berpotensi terhadap pengurangan sumber daya manusia.
KONSEP ACARA
Acara Pekan PKM dilakukan dengan model layaknya Talk Show yang dibuat suasana santai namun penuh keakraban sarat dengan keilmuwan yang dipandu oleh Host dan Moderator yang bernuansa entertain. Pembicara utama mengusung topik yang menghantarkan pada topik-topik yang dibawa oleh para narasumber
PELAKSANAAN
Tema: Sukses Menjalani Bisnis Dalam Era Digital
Host : Dr. Hendi Prihanto, S.E.,M.Ak
Moderator : Dr. Diana Frederica, S.E.,M.Ak
Narasumber Utama : Dr. Usmar, S.E.,M.M (Sub Tema : Era Digitalisasi di Indonesia) Alokasi Waktu : 45 menit
Tim FEB UPDM (B)
Presenter 1 : Dr. Tamrin Lanori, S.E.M.Si (Sub Tema : Kiat Sukses dalam Berbisnis)
Presenter 2 : Dr. Septian Abiah Gani, S.E.,M.Si (Sub Tema : Digital Trading)
Presenter 3 : Yudistira Adwimurti, S.E.,M.Si. (Sub Tema : Peluang Bisnis pada Ekspor-Impor)
Guest Star Prensenter (Undira)
Presenter 4 : Islamiah Kamil, S.E.,M.Ak. (Sub Tema : Literasi Perpajakan untuk Publik)
SUPPORTING
Kegiatan dilakukan untuk menunaikan kewajiban Tridarma Perguruan Tinggi Dosen FEB UPDM (B) sekaligus media promosi yang memperkenalkan FEB UPDM (B) pada khalayak umum, untuk itu diperlukan alat dan perlengkapan pendukung sebagai berikut :
- Set alat peraga promosi (Video Profil FEB UPDM (B) bentuk animasi atau personal, brosur, ikon FEB seperti Muuk/cangkir berlogo FEB, banner/backdrop atau lainnya ber-ikon FEB
- Zoom dengan kapasitas 500 orang,
- Google Formulir untuk pendaftaran peserta,
- Studio Podcast lengkap dengan peralatan,
- Kamera, handphone, Video shooting,
- Flyer promosi kegiatan (foto dari nama narasumber, moderator, keynotespeaker, host beserta judul orasi)
LUARAN
Luaran dari hasil dari kegiatan ini diharapkan dan ditujukan untuk publikasipada prosiding maupun jurnal pengabdian masyarakat dalam skala nasional maupun internasional, yang dipresentasikan pada forum ilmiah akademik maupun non akademik.
PENUTUP
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengembangkan dan menambah pengetahuan publik (mahasiswa, masyarakat, maupun praktisi) agar mampu memperoleh inovasi yang berguna bagi masyarakat selama untuk bertahan pada masa digitalisasi industri, berkompetisi, tanpa harus surut terkendala dengan krisis ekonomi serta bagi akademisi mampu melahirkan gagasan penelitian dibidang akuntansi dan manajemen dengan topik-topik yang up to date, terkini dan menantang.